Rabu, 27 Februari 2013

Sejarah ELF dan Super Junior





Bagi orang-orang angka “13″ biasanya adalah angka kesialan kan, tapi bagi para ELF angka 13 itu sangat berharga. Betapa pentingnya angka 13 dalam Super Junior.
Dengan mengetahui fakta ini aku berpikir, mungkin SUJU adalah satu-satunya Grup Boyband Korea atau bahkan di dunia yang mempunyai sejarah besar dalam sepanjang perjalanan karir di dunia hiburan Korea atau dunia.




ELFs, kesalahan yang fatal jika berpikir, menyebut atau berkata Super Junior adalah 15 orang, Super Junior adalah 13+2. Selamanya Super Junior adalah 13, meski ada yang hilang Super Junior tetap 13, tidak bisa ditambah atau digantikan. Kita para ELF baru *diluar ELF Korea* tidak pernah tahu sejarah angka 13, betapa pentingnya Suju tetap 13, kita para ELF baru *meskipun ada yang mengikuti SuJu sejak 2006* tapi kita tidak pernah tahu perjuangan ELF moyang kita (baca: Korean Elf)
Untuk mengatakan diri kita sebagai ELF kita harus tahu sejarah angka 13

»Tanggal 2 Juni 2006
Diumumkan E.L.F sebagai nama fansclub Super Junior. Super Junior memutuskan nama ELF (Everlasting Friends) sebagai nama fansclub Super Junior di seluruh dunia. Nama ELF sendiri merupakan ide dari Leader Super Junior, Leeteuk. Kata ELF memiliki arti yang berhubungan dengan peri. Karena itu, fans Super junior memiliki julukan khusus yaitu peri. Di setiap konser Super Junior. Lokasi acara selalu dipenuhi dengan peri biru yang membentuk lautan biru, atau Sapphire blue ocean.
Jadi tanggal 2 Juni itu ultah ELF!

Semua bermula dari sebuah “Kontroversi Hebat” antara ELF dan SM Entertainment. Saat 2JIB, dalam MV Don’t Don muncul wajah baru yang tidak dikenal, benar sekali… Henry Lau. Kemunculan Henry menimbulkan spekulasi bahwa akan ada penambahan member baru dalam Super Junior yaitu saat SM mengumumkan pertama kali pada tanggal 2 Oktober 2007.
Hal ini menimbulkan pertentangan dari para ELF, dengan segera para ELF membuat sebuah situs website yang disebut “ONLY13″ untuk menentang tindakan SM tersebut. Melalui website tersebut para ELF berkomunikasi dan merencanakan tindakan protes menentang SM, sebelum protes/unjuk rasa resmi dilakukan banyak petisi online alias comment-comment yang telah dibuat baik oleh ELF Korea maupun ELF China agar SM tidak menambah anggota ke-14. Para ELF merencanakan akan memboikot semua produk SM, seperti tidak membeli kaset, CD, mini album, photobook, semacamnya. Namun akhirnya para ELF memilih jalan untuk protes diam-diam.
Pada tanggal 21 Oktober 2007 labih dari 400 ELF duduk diam di depan bangunan SM dan mengadakan tanda tangan dukungan untuk SUJU agar hanya memiliki 13 member.
Seperti kata para ELF dalam penggalan note “you make me feel heartbreaking….

-ELF的心很大很大,达到可以装下13个人的一切。E.L.F的心也很小很小,小到只能装下13个人。(二輯時的話)
-ELFs have a big heart, big enough to hold all of the 13, but ELFs hearts are small at the same time, so small that we can only take in 13! (Said this when 2 JIB)
-ELF punya hati yang besar, cukup besar untuk menampung semua 13 member, tapi hati ELF juga kecil pada saat yang sama, sangat kecil hingga kami hanya bisa menerima 13 member saja! (diucapkan saat 2JIB)

»Hari dimana para ELF berdemo disebut “ONLY13″
Dengan alasan apa?? Berikut kutipan ELF Korea » Moyang Para ELF Dunia.
“Banyak ELF luar negeri berpikir Super Junior terdiri dari 15 orang. Kami sebenarnya sangat takut dan hampir pingsan saat 2JIB, itu benar-benar mimpi buruk pada saat itu. Aku tidak lupa seberapa banyak pun aku menangis, sebetapa khawatirnya-pun aku akan hal itu. Jika kami tidak menuntut pada saat itu bagaimana jadinya sekarang? apakah akan ada wajah familiar yang pergi dan datang lagi yang baru kemudian member yang asli hanya tinggal kenanganku?”
Saat itu Super Junior belum dikukuhkan oleh SM sebagai grup yang resmi sehingga tiap kali ada penambahan member baru dan mungkin ada member yang lulus.
Gerakan Only 13 adalah bentuk penentangan terhadap bertambah atau berkurangnya member Super Junior pada waktu itu, karena itu ELF melakukan Demo yang disebut “ONLY 13″ dan Ada lebih dari 1000 ELF yang melakukanya.

»Gerakan Only 13 Seperti apa? Apa alasan ELF berdemo?
Situasi saat itu semakin memburuk ketika SM pada tahun itu mengumumkan melalui media bahwa SM tidak pernah menyatakan SUJU itu adalah grup tetap! Itu membuat ELF khawatir dan gelisah!
Padahal kenyataannya SM dulu telah mengumumkan SUJU adalah grup permanen sejak Kyuhyun bergabung pada pertengahan tahun 2006.
Ribuan ELF menulis surat pada SM dan meminta SM untuk menetapkan Grup SUJU tapi tidak ada jawaban.

Gerakan Only 13 dimulai~
Lebih dari 1000 ELF muncul di depan gedung SM pada aksi unjuk rasa ke-3 mereka pada 3 November 2007. Mereka tidak melakukan aksi diam tapi menyanyikan lagu-lagu Super Junior dan meneriakkan “13!!”. Meskipun SM telah mengumumkan bahwa member baru tidak akan dimasukkan ke dalam grup inti SUJU dan tidak akan mempengaruhi karir SUJU, para ELF percaya bahwa hal yang sama akan terjadi, akan ada member-member baru lagi yang muncul nantinya dan yang lama akan pergi. Kepergian itu yang ditakutkan ELF!

»Hasil dari Gerakan Only 13 apa?
Ya! Jangan remehkan ELF! karena kekuatan cinta ELF untuk SUJU mampu membeli 0,3% saham milik SM, hanya untuk melindungi SUJU! Perlu diingat bahwa untuk melindungi SUJU.
Apa yang mereka katakan dengan “MELINDUNGI” itu benar-benar melindungi bukan cuma kata-kata.
SM takut, sehingga mengutus sang Leader untuk menenangkan para ELF dengan menyatakan SUJU hanya akan ber-13. Selamanya 13 member. Berarti ELF punya hak atas Super Junior, sehingga kalau SM macam-macam dengan Super Junior lagi maka ELF akan bertindak!!


Berikut percakapan Leeteuk dengan ELF (27 Juli 2008)
Leeteuk: berapa orang menurut kalian yang harus SUJU punya?
ELF: 13!
Leeteuk: di masa yang akan datang, tidak perduli apapun yang terjadi, berapa orang yang harus SUJU punya?
ELF: 13!
Leeteuk: mulai sekarang, tak peduli 10 atau 20 tahun, SUJU adalah 13 orang selamanya!
SM mengutus sang Leader untuk menenangkan para ELF dengan menyatakan SUJU hanya akan ber-13. Selamanya 13 member.


»Kita lanjut ke sejarah ELF 
Setelah membahas gerakan Only 13, Sekarang kita lanjut ke komentar Heechul mengenai Peresmian Super Junior sebagai grup tetap.
“Super Junior adalah Super Junior, tidak ada yang bisa menggantinya dengan nama sendiri-sendiri, Super Junior juga tidak bisa dibandingkan dengan yang lainnya. Kami adalah susunan yang tetap dalam Super Junior. Karena member SUJU itu banyak, semua orang melihat saat kami bermain satu sama lain, bertengkar satu sama lain, menangis satu sama lain, menanggung kesusahan satu sama lain, tapi juga menghargai satu sama lain. Oleh karena itu SUJU bisa bertahan, itu karena kami adalah member SUJU, kami semua bersama sebagai SATU.” – Heechul
Itu untuk meyakinkan ELF bahwa SUJU tidak akan ditambah atau diganti. Selamanya SUJU adalah SUJU!



»Bagaimana dengan Henry dan Zhoumi??
Henry dan Zhoumi tetap adalah anggota Super Junior dalam Sub-grup Super Junior M, namun ELF melakukan gerakan itu agar Super Junior dikukuhkan sebagai grup sehingga tidak ada penambahan ataupun bahkan pengurangan anggota.
Slogan ELF tetap 13elieve to Prom15e. Super Junior + ELF = 13 +2 = One
Proud to be ELF and Love Super Junior
  • Park Jung Soo
  • Kim Hee Chul
  • Han Geng
  • Kim Jong Woon
  • Kim Young Woon
  • Shin Dong Hee
  • Lee Sungmin
  • Lee Hyuk Jae
  • Lee Dong Hae
  • Choi Shi Won
  • Kim Ryeo Wook
  • Kim Ki Bum
  • Cho Kyu Hyun
  • Henry Lau
  • Zhou Mi





Via : http://shinningsuju.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar